Ibnu Jarir Ath Thabary (Wafat 310 H)

Nama sebenarnya adalah Abu Ja’far Muhammad bin Jarir bin Yazid bin Katsir bin Khalib ath Thabary, Ia dilahirkan pada tahun 224 H, berdiam di baghdad dan wafat juga di situ.

Beliau dimasukan ke dalam generasi at Turmidzi dan Nasa’iy, beliau mendengar dari guru gurunya al-Bukhary dan Muslim dan lain lainnya, hadits haditsnya diriwayatkan oleh banyak ulama hadist lainnya.

Beliau dipandang sebagai Imam besar yang dipegangi pendapatnya, baliau mengetahui segala macam Qiraat, mengetahui makna makna al-Quran dan hukum hukumnya, juga mempunyai ilmu yang mendalam dalam bidang sunnah, pendapat pendapat sahabat, tabi’in dan ulama ulama sesudahnya. Diantara karangannya yang termasyur adalah Kitab Tarikhbul umam wal muluk dan sebuah kitab tafsir Jamiul bayan.

Dan sebuah kitabnya lagi yaitu Tahdzibul atsar, dalam kitab ini dikemukakan hadist beserta illat illatnya, jalan jalannya, hukum hukum yang dikandungnnya, serta ikhtilafu fuqaha dan dalil dalilnya dan diterangkan pula dari segi bahasa. Hanya sayang kitab ini tidak sempurna dikerjakan. Yang sudah dikerjakan Musnad Ibnu abbas. Kitab ini adalah kitab terbaik dari kitab kitabnya.

Ia wafat pada tahun 310 H di Baghdad.

Sumber: Ahlulhadist

About these ads

3 Tanggapan

  1. coba baca peristiwa kematian ulama ini, ia dimusuhi gara-gara menriwayatkan banyak hadith keutamaan ahli bait

    —haulasyiah—
    beritanya benar gak mas? yang musuhin siapa?

  2. Assalamu’alaikum,

    Saya rasa semua sunni mencintai Al-Hafidz Ibnu Jarir Ath-Thobary -rahimahullah- karena jasanya yg sangat besar terhadap ilmu tafsir, hadits, atsar, qira’at dan tarikh. Tidak ada sunni yg membenci beliau.

    Oh ya, kepada mas haulasyiah, Saya pernah liat sebuah buku syiah di toko buku, pengarangnya Ath-Thobary jg, duh sayangnya saya lupa judul bukunya. Saya ingin bertanya siapakah Ath-Thobary yg ini? Bedakah dengan Ibnu Jarir Ath-Thobary -rahimahullah-?

    Wassalamu’alaikum

    —haulasyiah
    lihat saja nama lengkapnya….

  3. seingat ana, ana jg org syiah yg memiliki nama yg persis dg al imam muhammad bin jarir ath thobary dan jg sejaman. allahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 73 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: