SEKELUMIT TENTANG KEUTAMAAN ‘ALI BIN ABI THOLIB

‘Ali bin Abi Thalib, beliau adalah anak paman (sepupu) Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam sekaligus menantunya. Beliau adalah orang pertama dari kalangan anak-anak yang masuk Islam. Beliau pula tergolong sepuluh orang shahabat yang telah diberi kabar gembira dengan kepastian masuk Al-Jannah, dan juga sebagai khalifah ke-4 dari Al-Khulafa`ur Rasyidun radhiallahu ‘anhum.
Telah diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Bukhari dalam hadits no. 3499 dan yang selainnya, dari Salamah  , bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam berkata :

َلأُعْطِيَنَّ الرَّايَةَ أَوْ لَيَأْخُذَنَّ الرَّايَةَ غَدًا رَجُلاً يُحِبُّهُ اللهُ وَ رَسُوْلُهُ، أَوْ قَالَ يُحِبُّ اللهَ وَ رَسُوْلَهُ يَفْتَحُ اللهُ عَلَيْهِ. فَإِذَا نَحْنُ بِعَلِيٍّ فَأَعْطَاهُ رَسُوْلُ اللهِ  الرَّايَةَ فَفَتَحَ اللهُ عَلَيْهِ.

“Pasti besok aku akan menyerahkan bendera (perang) ini -atau pasti akan memegang bendera ini (dalam pertempuran)- seseorang yang dicintai oleh Allah dan dicintai pula oleh Rasul-Nya, serta orang tersebut adalah orang yang mencintai Allah dan Rasul-Nya, dan Allah akan beri kemenangan melalui kepemimpinannya.”
Ternyata ketika kami berada di sisi ‘Ali bin Abi Thalib, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam menyerahkan bendera (perang) tersebut kepadanya, dan ternyata pula Allah subhanahu wata’ala memberikan kemenangan melalui kepemimpinannya.

Telah diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Bukhari (hadits no, 2552, 4005) dan yang selainnya  dari shahabat Al-Bara` bin ‘Azib radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam berkata kepada ‘Ali bin Abi Thalib :

أَنْتَ مِنِّي وَ أَنَا مِنْكَ

“Engkau adalah bagian dariku dan aku pun bagian darimu.”

Maksud dari hadits di atas adalah, bahwa ‘Ali radhiallahu ‘anhu adalah bagian dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan beliau shalallahu ‘alaihi wasallam pun bagian dari ‘Ali radhiallahu ‘anhu dari sisi nasab, kemudian dari sisi bahwasanya ‘Ali itu adalah menantu Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, serta dari sisi kecintaan beliau kepadanya, serta beberapa kelebihan lainnya yang menunjukkan posisi ‘Ali yang tinggi di sisi Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam. Demikian makna penjelasan Al-Hafizh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari syarh hadits no. 4005

5 Tanggapan

  1. Ali ra semoga Allah SWt memberikan rahmatnya kepada beliau amin…

  2. Aku bingung mana islam yang benar sesuai dengan risalah Rosulullah

    —haulasyiah—
    kenapa harus bingung, bukankah rasulullah telah memberikan kepada kita rambu-rambu. perbanyaklah membaca buku-buku ulama’ Ahlussunnah. Insya Allah dengan ilmu kita dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah. barakallahu fiikum

  3. Insya Allah dengan ilmu dan hati yang bersih serta mau menerima apapun kebenaran, kita dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah. barakallahu fiikum

    —haulasyiah—

    Insya Allah… kami harap juga begitu.

  4. ass, ust mo nanya bagaimana peranan Ali r.a dalam pemerintahan dan perluasan penyebaran Islam saat kepemimpinan ketiga khalifah sebelumnya? kenapa jarang diberitakan? syukron. wass

    —haulasyiah—
    wah, kata siapa mas? baca aja buku tarikh

  5. […] SEKELUMIT TENTANG KEUTAMAAN ‘ALI BIN ABI THOLIB […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: