SEKELUMIT TENTANG KEUTAMAAN MU’AWIYAH BIN ABI SUFYAN

Mu’awiyah bin Abi Sufyan, seorang shahabat Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam yang mulia, sekaligus sebagai penulis wahyu untuk Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam.

Telah diriwayatkan oleh Al-Imam At-Tirmidzi dalam kitab beliau Al-Jami’ serta yang lainnya (hadits no. 4113) —berdasarkan peletakan nomor Asy-Syaikh Al-Albani— dari ‘Abdurrahman bin Abi ‘Umairah, seorang shahabat Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam yang telah meriwayatkan dari beliau, bahwa beliau berdo’a untuk Mu’awiyah :

اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ هَادِيًا مَهْدِيًا، وَ اهْدِ بِهِ.

“Ya Allah, jadikanlah dia (Mu’awiyah) seorang yang bisa memberikan petunjuk dan seorang yang diberi petunjuk dan berikanlah hidayah (kepada manusia) melaluinya.”

Dalam referensi yang ada pada kami, hadits ini tercantum dalam Shahih Sunan At-Tirmidzi karya Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullah dengan nomor hadits 3842, tepatnya dalam Kitabul Manaqib. Hadits ini dishahihkan pula oleh Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullah dalam Ash-Shahihah no. 1969 dengan pembahasan atau rincian yang cukup panjang.

7 Tanggapan

  1. salam..

    Salamun ‘alaikum

    Saya Mau bertanya Muawiyah ini Siapa??

    Beliau adalah Mu’awiyah bin Abi Sufyan shahabat nabi yang mulia sekaligus penulis wahyu.

    Pembunuh Cucu tercinta Rasulullah itu kan??
    Saya tunggu Komentarnya..

    oo bukan, bahkan beliau adalah orang yang selalu melindungi dan membela Rasulullah dan ahlul baitnya.

    Wassalam..

    salamun ‘alaikum

  2. Assalamu’alaikum…
    salam kenal ya akh, ana bloger dari medan hendak bergabung dalam perjuangan ini. sebenarnya dengan segala kerendahan hati ana mengundang antum ke blok ana di:
    http://almujahadah.blogspot.com
    ana berharap antum mau mengunjunginya.
    Assalamu’alaikum…
    Abdul A’la

  3. “Dari Ummu Haram radhiallahu ‘anha, bahwasannya ia mendengar Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Orang-orang pertama dari umatku yang berperang di laut telah mendapatkan (surga -pen)’ Ummu Haram berkata: Aku bertanya: ‘Wahai Rasulullah, apakah aku ada bersama mereka?’ Beliau menjawab: ‘Engkau ada bersama mereka,’ kemudian Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Orang-orang pertama dari umatku yang memerangi kota Kaisar telah diampuni dosanya.’ Maka aku bertanya: ‘Apakah aku ada bersama mereka, wahai Rasulullah?’ beliau menjawab: ‘Tidak’.” (Riwayat Al Bukhori)

    Yang pertama perkataan Rosulullah kepada Muawiyah Rhadiyallahu’anhu, yang kedua kepada anaknya Yazid.

  4. Saya berpendapat bahwa apapun pandangan kita terhadap apa apa yg terjadi pd masa rasul dan setelahnya- yg melibatkan para sahabat2 nabi- entah itu pandangan negatif/positif- tdk akan mempengaruhi posisi mereka di depan Allah-

  5. Saya bukan syiah tapi muawiyah menyebutnya sahabat rasul rasanya koq janggal

    —haulasyiah—
    Maaf saudara oza, jangan main perasaan. Dahulukanlah naqli daripada aql

  6. Ikut nimbrung dikit. Sebagian para sejarawan ada yang menilai Muawiyyah dari segi yang positif ada juga yang negatif tapi ada yang mengulas dari segi positif maupun negatifnya. yang jelas kita tidak hidup pada zaman itu sehingga kita hanya mampu membaca sejarah yang telah ditulis oleh para sejarawan atau para ulama’ (contohnya: As-suyuthi). Adapun lebih pantasnya kita menilai apabila kita hidup pada zaman itu sehingga paslah penilaian kita tentang mereka. Untuk selanjutnya Allohu’alam.

    —haulasyiah—
    Bacaralah buku-buku sejarah yang bertanggung jawab, seperti Al-Bidayah wan Nihaya, Siyaru A’lamin Nubala, Ar-Rahiqul Makhtum, dll

  7. Benar kata Antum. Penilaian kurang pas kalo hanya membaca tanpa melihat dan mendengar langsung. Bukankah begitu etika juru hukum (Qodhi)?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: