Kedudukan Hadits “Memandang Ali adalah Ibadah”

“النظر إلى علي بن أبي طالب عبادة ”

“…memandang Ali bin Abi Thalib adalah ibadah.”

Berkata Syaikh Al Albani dalam kitabnya “As Silsilah Al Ahadits Adh Dha’ifah 1/531):
Palsu. Dikeluarkan Ibnul Furrati melalui jalur Muhammad bin Zakariya bin Dinar, ia berkata: telah menceritakan kepada kami Al ‘Abbas bin Bukkar, ia berkata: telah menceritakan kepada kami ‘Abbad bin Katsir dari Abu Zubair dari Zabir secara marfu’.
Suyuthi menyebutkan dalam “Al Laai 1/346” satu riwayat penguat dan ia diam atasnya (tidak berkomentar). (akan tetapi) riwayat penguat itu palsu juga, karena Muhammad bin Zakariya adalah Al Ghullabi dikenal sebagai pemalsu hadits.
Potongan hadits terkahir (lafazh diatas) disebutkan oleh Ibnul Jauzi dalam kitabnya “Al Maudu’at” dari riwayat beberapa orang shahabat, dan semuanya (yakni sanadnya) berpenyakit.
Suyuthi menyebutkan dalam kitabnya “Al Laai 1/342-346” mutaba’at dan syawahid (riwayat-riwayat penguat) yang banyak sekali, oleh karena itu ia cantumkan dalam kitabnya “Al Jami’ush Shaghir”, dan Adz Dzahabi dalam kitabnya “Talkhis Al Mustadrak 3/141” menshahihkan salah satu jalurnya, tapi tidak benar sebagaimana yang akan aku jelaskan -insya Allah- pada no.4702.

Hadits ini memiliki riwayat-riwayat penguat yang banyak akan tetapi semuanya lemah dan palsu sehingga tidak bisa merubah kedudukannya.

Iklan

7 Tanggapan

  1. Dasar.. blogger kafir!

    —haulasyiah—
    hehehe…. ketahuan juga aslinya

  2. Kalo memandang wajah khalifah Abubakar, Umar, dan Ustman Ibadah ngga?

    —haulasyiah—
    ya nggak dong mas jenggot.

  3. maksud dari “memandang” apaan mas?

    kalo liat wajah/fisiknya Ali bin Abi Thalib kan gak mungkin ? kita gak ketemu sama beliau……….

    kurang jelas nich? ngambang…….

    —haulasyiah—
    yang dimaksud adalah memandang fisiknya, karena an nazhar (memandang/melihat) dalam hadits tersebut dibarengi dengan kata Ilaa yang berarti ke/kepada maka maknanya adalah rukyah bashariyah (melihat dengan mata). Tentu hadits ini ditujukan kepada orang-orang yang hidup sejaman dengan beliau

  4. saya baru tau ada hadist itu ?

    lagipula kalo hadist itu ditujukan ke orang2 yang hidup sejaman dengan beliau, berarti hadist itu gak ngaruh buat kita dijaman sekarang …

    koleksi hadist anda unik2 ya ………….

    pernah denger hadist ” kurma” ?

    —-haulasyiah—
    Ini sebagai peringatan, jangan sampai Syi’ah menjejali kaum muslimin dengan hadits-hadits dha’if seperti ini.

  5. Bagus…bagus…ini baru namanya obyektif (Fair). Tetapi masih buanyak buanget-lho hadist tentang keutamaan Khalifah Ali yang lainnya.

    —haulasyiah—
    ya banyak sekali keutamaan imam Ali terutama dalam kitab-kitab sunni

  6. as wr wb,hadis di atas itu emang benar yg bilang palsu maka dia tergolong orang kafir,saya ingin tahu berapa banyk hadis sunny yg mengagung kan imam ali,dan berapa ayat alquran menyabut keluarganya imam ali,apakata rasululah kepada sahabat mengenai imam ali adalah gerbangnya ilmu rasululah dan rasulullah adalah kotanya.

    —-haulasyiah—
    Hadits keutamaan ahlul bait di kitab-kitab ahlus sunnah sangat banyak sekali. Bahkan, kebanyakan yang sekarang beredar itu ya ngambilnya dari kitab-kitab sunni, walhamdulillah

  7. tapi mungkin aja bang! kan seandainya kita melihat beliau, lalu kita pasti akan berfikir “YA ALLAH betapa agungnya insan ini” oleh karena itu kita terdorong untuk ibadah.

    —-haulasyiah—-
    Tentu bang taubatlah, melihat orang bertakwa membuat hati tertarik tuk berbuat ketakwaan. Tapi yang masalah dengan haditsnya….. Kalau pribadi Imam Ali sih saya rasa gk ada yang mempermasalahkan kecuali kaum nawashib…. Barakallahu fiik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: