FATWA: HUKUM NIKAH MUT’AH (1)

Apa pendapat islam tentang nikah mut’ah?

Jawab: nikah mut’ah adalah haram dan bathil jika terjadi berdasarkan hadits yang diriwayatkan Al-Bukhari dan Muslim Rahimahumallah dari Ali bin Abi Thalib Radhiallahu ‘anhu. Al-Bukhari dalam Kitab Al-Hiyal (6560) dan Muslim dalam kitab An-Nikah (1407), juga terdapat dalam Sunan Tirmidzi dalam kitab An-Nikah (1121), Sunan An-Nasa’i dalam kitab Ash-Shaid wa Adz-Dzaba’ih (4334), Sunan Ibnu Majah dalam kitab An-Nikah (1961), Musnad Ahmad bin Hanbal (1/79), Muwaththa’ Malik dalam kitab An-Nikah (1151), Sunan Ad-Darimi dalam kitab ¬An-Nikah (2197), “Bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam melarang jenis pernikahan mut’ah dan (melarang) memakan daging keledai Ahliyah pada hari Khaibar.”

Dalam riwayat Malik 2/542, Ahmad (1/79, 103, 142), Al-Bukhari (5/78, 6/129, 2 30, 8/61), Muslim (2/1027, 1028 no.1407), Tirmidzi (3/430, 4/254, no.1121, 1794), An-Nasa’I, (6/125-126, 7/202, 203, no.3365,3367,4335,4336), Ibnu Majah (1/630, no.1961), Ad-Darimi (2/86, 140), Abdurrazzaq (7/501-502, no.14032), Abu Ya’la (1/434, no.576), Ibnu Hibban (9/450,453, no.4143,4145), dan Al-Baihaqi (7/201,202) “Beliau melarang dari jenis mut’atun nisaa’ (menikahi wanita dengan cara mut’ah) pada hari Khaibar.”

Imam Al-Khattabi berkata, “Pengharaman nikah mut’ah berdasarkan ijma’, kecuali sebagian syi’ah dan tidak sah qa’idah mereka yang menyatakan untuk ‘mengembalikan perselisihan kepada Ali’, padahal telah shahih dari Ali pendapatnya bahwa nikah mut’ah telah dihapus hukumnya.”

Imam Al-Baihaqi menukilkan dari Ja’far bin Muhammad (Al-Baqir) bahwa beliau pernah ditanya tentang nikah mut’ah maka beliau menjawab, “itu adalah perbuatan zina.”

Demikian pula imam Muslim meriwayatkan sebuah hadits dalam kitab Shahihnya dari Sabrah bin Ma’bad Al-Juhani dari Nabi Shalallahu ‘alaihi wa Sallam bahwa beliau bersabda. Lafazh hadits (yang akan disebutkan ini) juga diriwayatkan Ahmad 2/405-406, Muslim 2/1025, no.1406. Ibnu Majah 2/631, no.1962, Ad-Darimi 2/140, Abdurrazaq 7/504, no.14041, Ibnu Abi Syaibah 4/292, Abu Ya’la 2/238 no.939, Ibnu Hibban 9/454-455 no.4147, dan Al-Baihaqi 7/203. “Sungguh! Aku dahulu mengijinkan kalian untuk melakukan mut’ah dengan wanita. (Ketauhilah!) sesungguhnya Allah telah mengharamkannya sampai hari kiamat. Barangsiapa yang masih melakukannya hendaklah meninggalkannya dan jangan mengambil sesuatu yang telah ia berikan kepadanya (wanita yang dia mut’ahi).”

Wabillahit Taufiq, wash shalallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam

[ Al-Lajnah Ad-Daimah lil Buhutsil ‘Ilmiyyah wal Ifta’ ]
Ketua: Asy-Syaikh Abdul ‘Aziz bin Bazz
Wakil: Asy-Syaikh Abdurrazzaq ‘Afifi
Anggota I: Asy-Syaikh Abdullah bin Ghudyan
Anggota II: Asy-Syaikh Abdullah bin Qu’ud

[ Pertanyaan Keenam dari Fatwa no.3810 ]

About these ads

20 Tanggapan

  1. Download Software AL-QUR’AN Pro Ver. 3.0
    Al-Qur’an lengkap 30 juz ( 114 Surat + teks & terjemahan (Arab/English/Indonesia))
    Tafsir Quran Lengkap, Penunjuk waktu sholat, 21 bahasa terjemahan Al-Quran, Al-Qur’an Audio with Voice of Shaikh Sudaish (Imam Mecca).
    Download Gratis Sekarang . Link Download http://www.ziddu.com/download/3082887/Al-QuranProVer.3.0.exe.html

  2. Maaf saya orang awam, kemarin waktu saya ke toko buku Gramedia. saya sempat lihat buku yang menyerang syi’ah diantaranya adalah nikah mut’ah.
    kebetulan disebelahnya ada buku “Ringkasan Shahih Muslim” dalam bahasa Arab-Indonesia. saya cari ternyata di situ ada bab nikah juga mut’ah.
    ada riwayat dari Jabir bin Abdillah (kalau tidak salah ingat) mengatakan bahwa Mut’ah halal sampai di zaman Abu Bakar dan di awal zaman Umar, kemudian Umar melarangnya karena ada suatu kasus (saya lupa kasus apa yang disebut di situ).
    Riwayat ini kok senada dengan keyakinan syi’ah? apa riwayatnya tidak shohih? tapi kok masuk shohih Muslim?
    mohon ulasannya. via email juga boleh
    terima kasih

    —haulasyiah—
    bisa disertakan teks haditsnya? barakallahu fiikum

    untuk permasalahan mut’ah sudah kami bahas,
    - Syi’ah menghalalkan Zina
    - Hukum Nikah Mut’ah

  3. Menurut penelitian di irak bahwa sudah semakin banyaknya perempuan2 dari keluarga2 yang miskin yang terjangkit virus aids dikarenakan mereka melakukan nikah mutah untuk membiayai hidup mereka.

    Dan juga praktek2 mutah sudah banyak berkembang di indonesia dan dikhawatirkan pemutah2 akan memiliki sumbangsih yang besar dari penyebaran virus mematikan itu selain dari orang2 yang biasa berzinah.

    Nikah mutah menjadi ajang prostitusi terselubung diindonesia dikarenakan mereka yang berzinah bisa mengakui bahwa mereka telah melakukan mutah

  4. assalamualaikum..saya seorang pelajar dan ingin membuat latihan ilmiah mengenai nikah mut’ah..
    saya harap saudara/saudari boleh memberi penjelasan terperinci atau maklumat mengenai nikah mut’ah serta dimana saya boleh mencari sumber tentang nikah mut’ah

  5. [b]Kepada Noralia Nordin yang pintar dan yang terhormat,

    Assalamualaikum[/b]

    Di dalam Nikah Mutah; perempuan yang berhak menentukan upah (mahar) yang wajib dibayar oleh seorang muslim (calon suami atau suami).

    Muslimah (calon istri) dapat meminta rumah mewah, gaji bulanan sebesar 20 juta rupiah, pergi ke Makkah dan Madinah untuk melakukan Haji dan Umroh setiap tahun sebagai upah.

    Muslimah (calon istri) juga dapat meminta upah tambahan misalnya tidak dipukul oleh suami selama pernikahan dan/atau suami tidak melakukan poligami selama pernikahan, dan pernikahan berakhir jika muslimah (istri) meninggal sebagai upah yang wajib dibayar oleh seorang muslim (calon suami, suami atau mantan suami).

    —haulasyiah—
    Pak haji, aturannya dari mana? Al-Qur’an, Rasulullah, ahlul bait, ataukah hawa nafsu?

  6. ALQURAN 33:28
    Hai Nabi, katakanlah kepada istri istri kamu: Jika mereka menghendaki kehiduban dunia ini dan perhiasannya, maka kemarilah supaya saya memberikan (NIKAH) MUTAH dan saya ceraikan kamu dengan cara yang terbaik.

    —haulasyiah—
    Pak Haji, subhanallah. coba anda baca lagi tafsir ulama’ tentang ayat tersebut, baca kitab tafsir seperti Thabari, Qurthubi, Ibnu Katsir dan lainnya.

  7. bagaimana hukumnya bila wanita2 belum tahu jelas tentang nikah mut’ah tapi sudah menjalankanya.krn rayuan pasangan lelakinya dan mereka baru tahu salah/haram setelah tidak lagi dalam pernikahan mut’ah tsb?trmksh

    [ admin ]
    Bertaubatlah kepada Allah dengan sungguh2, berazam tidak mengulangi, dan menyesali perbuatan, serta mendekatkan diri kepada Allah dengan amalan-amalan yang disyari’atkan. Barakallahu fiik

  8. Pak HAJI muhamad abdullah yg terhormat punya anak perempuan g nih? aku mau nikahi anakmu gmn? nikah mut’ah y? seminggu aja berapapun maharnya gmn?

  9. [...] FATWA: HUKUM NIKAH MUT’AH On July 13, 2010, in AL-FIRQOH, by Ridwan Ibnu Abdil Aziz [...]

  10. Kepada ANTAH BERANTAH yang pintar dan yang terhormat.

    PERANYAAN 1

    1. Saya mau menikahi anak perempuan anda; dengan Nikah Mutah

    JAWABAN

    AlQuran 4:24
    maka istri istri yang telah kamu nikmati; bayarlah upahnya

    Upah ditentukan oleh anak perempuan saya. Anak perempuan saya akan meminta upah sebagai berikut.

    1. Tiga rumah termahal di kawasan Pondok Indah di Jakarta dengan harga satu rumah 30 Miliyar; jadi 3 rumah dengan harga 90 Miliyar

    2. Setiap bulan mendapatkan 1 Miliyar rupiah

    3. Setiap tahun wajib melakukan ibadah Umroh ke Makkah dan Madinah.

    4. Istri tidak dipukul di dalam pernikahan

    5. Anda tidak bisa atau tidak boleh melakukan polygami selama pernikahan.

    6. Batas waktu pernikahan sampai istri wafat atau suami wafat.

    7. Upah yang lain lain akan ditentukan di kemudian hari.

    PERTANYAAN 2

    Nikah Mutah selama satu minggu.

    JAWABAN

    Semua yang wajib tertulis di dalam AlQuran; semua yang sunnah tertulis di dalam Hadith. Kewajiban harus dilakukan oleh semua muslim & muslimah; tetapi Sunnah tidak wajib dilakukan misalnya para sahabat melakukan Sunnah dengan batas waktu pada Nikah Mutah.

    Kewajiban untuk Nikah Mutah adalah membayar upah kepada para istri (muslimat); dan para istri (muslimat) yang menentukan upah mereka. Suami (muslim) wajib membayar upah yang diminta (yang ditentukan) oleh para istri (muslimat).

    Anak perempuan saya akan meminta Nikah Mutah dilakukan sampai istri wafat atau suami wafat; karena anak perempuan saya tidak akan melakukan Sunnah yang telah dilakukan oleh para sahabat. Sunnah dikerjakan akan mendapatkan pahala dan Sunnah ditinggalkan tidak berdosa.

    [ admin ]
    weh weh pak Haji, ni syari’at pa cari duit? Cari penghasilan lewat mut’ah ya?
    Enak juga pak Haji ni, biasanya syi’ah kalau mut’ahi orang cuma seminggu, sebulan, lebih atau kurang sedikit dari itu. Tapi giliran anaknya yang ditawar, eeee minta seumur hidup.

    Pak Haji kalau anaknya boleh dimut’ah seminggu, mungkin banyak yang tertarik. Mungkin bisa kami bantu buat jadwal nanti, mau gak? Katanya fadhilah? hehe
    1 minggu= 4 bulan….

  11. Kepada para pembaca yang pintar dan yang terhormat

    Setan yang terkutuk akan selalu menolak AlQuran dan Hadith.

    Redaksi HaulaSyiah adalah pengikut Setan yang nyata; sehingga ayat ayat AlQuran tentang Nikah Mutah; dan Hadith tentang Nikah Mutah ditolak keras oleh Redaksi HualaSyiah.

    [ admin ]
    Alhamdulillah, hadits dan ayat yang dijadikan dalil tentang permasalahan mut’ah sudah kami jawab dan jelaskan di blog tercinta ini. Mohon dibaca kembali, direnungi, ditadabburi…. dan jangan terlalu menggebu2 Pak Haji. Barakallahu fiikum, semoga Allah mengembalikan anda kepada Al-Haq dan Islam yang benar

  12. Kepada Administasi yang pintar dan yang terhormat

    Pernikahan yang dilakukan oleh Kaum Sunni sama dengan perbudakan atau perzinaan misalnya Nikah Misyar yang masih dilakukan oleh orang2 Arab di Timur Tengah.

    Pernikahan yang dilakukan oleh Kaum Sunni di Indonesia sama dengan perbudakan. Islam anti perbudakan; karena zakat bisa dipergunakan untuk membebaskan budak.

    Kedua orang tua berkewajiban untuk bertanggung-jawab atas anak anak mereka; termasuk bertanggung-jawab kepada anak2 perempuan.

    Pernikahan di dalam Kaum Sunni di Indonesia adalah pemindahan tanggung-jawab dari ke dua orang tua kepada suami; karena para istri wajib berbakti kepada suami; sehingga suami dapat memukul para istri; jika para istri tidak mau mendengarkan nasihat2 dari suami.

    Suami juga bisa menceraikan para istri dengan 1001 alasan misalnya saya sudah bosan dengan istri; seperti habis manis sepah dibuang; karena suami hendak mencari istri istri baru yang lebih muda dan lebih cantik

    Suami bisa mengembalikan para istri kepada ke dua orang tua mereka; dengan 1001 alasan untuk menceraikan istri2.

    Tidak mudah untuk janda2 muslimat yang telah berbakti kepada seorang suami (muslim) selama 20 tahun, 30 tahun atau 40 tahun dengan tulus hati; untuk mendapakan suami baru sebagai pengganti; karena mereka telah diceraikan oleh suami (seorang muslim). Ini adalah perbudakan yang nyata.

    NIkah Mutah diajarkan oleh ALLAH dan diizinkan oleh Rasulullah kepada orang2 yang beriman; karena Nikah Mutah dapat melindungi para janda muslimah dari kejahatan dan dari ketidak-adilan dan dari perbudakan yang dilakukan oleh seorang suami (seorang muslim) .

    Para janda muslimat dapat menuntut upah sebagai berikut ini.

    1. Mantan suami bertangung-jawab atas biaya pendidikan dan kesehatan dari anak anak mereka

    2. Mantan suami berkewajiban untuk membantu para janda hidub dengan baik dan layak

    –haulasyiah—
    La haula wala quwwata illa billah. Bagaimana mungkin Haji ini menuduh bahwa menikah yang biasa dilakukan kaum muslimin ini adalah perbudakan?
    Dari uraian Pak Haji di atas menunjukkan bahwa dia tidak paham dengan ajaran islam dan aturan menikah dalam Islam.
    Pak Haji, islam sudah mengatur semua hal dalam pernikahan, dari pencarian jodoh sampai percerairan.
    Islam melarang seseorang untuk menceraikan isterinya atau si isteri minta di cerai tanpa alasan syar’i. Bahkan itu adalah perkara yang dibenci Allah…
    Pembahasan ini ada dalam kitab-kitab Fiqih kaum muslimin. Alhamdulillah

  13. saya telah melakukan nikah mutah semalam jadi usia pernikahan saya baru 1 hari. tapi saya sama sekali tidak mengetahui nikah mutah itu apa . saya kira pacaran muslim . tapi saya tidak pernah melakukan hubungan badan bersama pasangan yg menikahi mutah saya . saya hanya membaca syahadat dan berijab bersama . saya tidak tahu bahwa nikah mutah adalah kawin kontrak . saya benar-benar shock dan kecewa mengatahui bahwa nikah mutah itu adalah seperti itu . jadi apa yang harus saya lakukan ? apa saya telah berdosa melakukan apa yang saya lakukan ? terimakasih .

    —haulasyiah—
    Kewajiba setiap orang yang melakukan dosa dan kesalahan adalah bertaubat kepada Allah dengan cara: membersihkan diri dari perbuatan tersebut, Kemudian menyesalinya . dan tidak mengulanginya lagi…
    Alangkah baiknya setelah meninggalkan perbuatan jijik dan hina tersebut, anda ikuti dengan perbuatan baik. Karena itu dapat menghapuskan kesalahan. Dan juga, menikahlah anda dengan cara yang baik dan islami, seperti yang biasa dilakukan oleh kaum muslimin di negeri ini. Jangan mengikuti yang aneh2. Barakallahu fiik

  14. apakah mungkin firman Allah dibatalkan oleh sunnah Nabi atau Sahabat Nabi?

    –admin—
    Mungkin, karena keduanya sama2 wahyu dari Allah sebagaimana muqorrror dalam ilmu qawa’id wal ushul….

  15. saya ingin sholat taubat, bagaimana caranya? mohon petunjuknya. terimakasih

  16. nikah = pelegalan prostitusi

    ad yg sepakat….???

  17. Bismillah,
    Assalamu’alaikum.

    Tmn2 semua ana mw mw mengingatkan…
    walaupun ana bukan seorang yg fakih akan ilmu tpi Alhamdulillah ana tahu mana yang hak dan mana yg bathil! Siapapun yang berpegang kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah tdk akan tersesat!
    Telah Allah halalkan nikah tetapi knpa kalian haramkan!
    Telah Allah haramkan mut’ah kenapa kalian halalkan!
    Orang2 syi’ah telah mengubah2 Al-Qur’an dan Hadits,,kalian dapat lihat disemua sisinya pasti banyak yang bentrok dan tidak bersesuaian..dan hanya mengikuti hawa nafsu saja..
    sedangkan Al-Qur’an yang turun Allah Subhanahu wa Ta’ala kpd Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam lewat perantara jibril..memiliki makna2 amat Indah setiap ayat dan tidak bertolak belakang antara setiap ayat dan saling bersesuaian semua isinya, dan Insya Allah terjaga hingga akhir kiamat..
    Bandingkanlah perbedaanya!!
    Sungguh Al-Qur’an adalah Kalam Allah yg akan terjaga hingga akhir kiamat…

    Sesungguhnya bila kita melakukan amalan sesuai Al-Qur’an dan As-Sunnah Insya Allah hidup ini akan damai dan tentram…
    Nikah sesuai sunnah tidak akan menzalimi kedua belah pihak krn mereka mengikuti aturan yng digariskan dlm Al-Qur’an dan As-sunnah…
    Jujur kebanyakan masyarakat Indonesia tidak mengindahkan Al-Qur’an dan As-sunnah dlm kehidupan berumah tangga dan kesehariannya sehingga terjadi yang tidak diinginkan…

    Kenapa kalian masih membela Syi’ah!sudah jelas keburukannya!!

    -Syi’ah Mengkafirkan Sahabat2 terbaik Rasulullah yang dijamin Allah akan surga
    -Syi’ah Mengkafirkan Istri yg dicintai Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam yaitu Asiyah Radhiallahu anha.
    -Mereka juga Yang Menjatuhkan martabat Wanita atas nama mut’ah, banyak wanita terkena virus mematikan gara2 melegalkan mut’ah..
    -Bagi mereka Mut’ah adalah amalan Utama tetapi kenapa bukan para imam yang melakukan mut’ah duluan u/ anak dan keluarganya tetapi malah berdalil..Mut’ah hanya untuk kalangan bawah bukan u/ para imam..
    Sesungguhnya adanya imam u/ diikuti…
    Tidakkah kalian lihat dampak buruk yang dilakukan Syi’ah kpd org2 Sunni/Ahlussunnah wal jama’ah..ada yang dibunuh, diperkosa dll…

    Ya Allah Sungguh pedih semua ini
    Ya Allah selamatkanlah warga sunnah di Dammaj, dan hancurkan Syi’ah Rapidhoh
    Ya Allah lindungilah kami dari Syi’ah dan pemikirannya

  18. Astagfirullahal’azhim, lahaula wala quwwata illa billahil’aliyilazhim, semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita, pak hajji bertobatlah….. Terpeliharalah dan tetaplah di muliakan Allah hambanya, Shohabat nabi yang Mulia , sekaligus menantunya Sayyidina Ali Karromallahu Wajhah, beserta Seluruh Keluarga Keturunannya Sampai hari Kiamat yang Tidak termasuk Golongan Syiah

  19. @ pak haji 1 hal saja saya ksh tau ambil wudhu trs ambil quran bca baek2 tentang mut;ah selami arti ya jngn asal jeplak lg . ok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 74 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: